Thursday, January 26, 2012

mungkin puisi ?


Tentang Aku,Engkau,dan Kita Semua



Tik … Tik.. Tik…
Detuk waktu berputardan terus berputar
Mengantikan antara siang dan malam
Mengubah ingatan menjadi kenangan
Membuat kenangan,untuk dikenang
Memaksa kenangan untuk dilupakan
Akankah ini berakhir ?...
Mengapa harus berakhir ?...
Ketika senang …
Sedih …
Canda …
Tawa …
Bahkan duka sekalipun …
Semua menjadi satu dalam hidup ini
Jadi baku dalam langkah ini
Membuat arti dalam kenangan ini
Genggam tangan ini
Satukan hati ini
Kita satu jika bersatu
Kita kuat jika kita mau
Teriakan diri …
Terikan hati …
Kebersamaan ini …
Bersatu menjadi kenangan baku
Yang takkan terhapus oleh waktu.


Thursday, January 5, 2012

asli


Pengaruh gadget dalam kehidupan remaja



Seperti kehendak Tuhan yang maha kuasalah matahari kali ini bisa terbit dengan cerahnya pagi ini,seperti kehendak Tuhan lah,lagi dan lagi mungkin gue lagi dan lagi harus bangun kesiangan lagi.Padahal sebelum tidur gue udah cuci muka,udah cuci kaki,sikat gigi,dan udah pasang alaram dari handphone jadul gue yang udah pada retak-retak bodynya.Ketika pagi hari gue baru sadar ternyata handphone gue batrainya udah abis,dan lebih parahnya gue nggak nyadarin itu,karna gue udah telanjur ketiduran,gue lupa buat ngisi itu batrainya.Mentari kala itu sangatlah indah dilangit ada pelangi,ada gambar gunung,dan suara burung-burungan yang berkicau.gue liat jam didinding dan ketika waktu telah menunjukan waktu yang gue anggap aneh,segeralah gue bangun dari tempat tidur gue,langsung ambil itu handuk,baju seragam sekolah,celana seragam sekolah, handphone jadul gue dan nggak lupa dengan baju-baju yang lain serta buku-buku pelajaran yang asstagfirullah alazim beratnya, karna gue udah kelas 3sma jadi harus banyak bawa buku padahal gue nggak tau itu akan dibaca apa nggak.Abis itu gue langsung masuk kamar mandi,dan mandi dengan terburu-burunya(kata orang tua gue sih mandi ala bebek).keluar dari tempat disana bukan langsung make baju, malahan nyariin remote buat nyalain televisi nyari-nyari berita buat ngeuptodate berita yang terjadi hari ini biar nggak dianggap ketingalan berita,dan sekaligus buat nyari referensi pencerahan.Abis itu langsung aja siap-siap buat berangkat kesekolahan dan nggak lupa gue bawa bekel sarapan serta air minumnya.dan nggak lupa juga memakai sepatu berkaos kaki putih
Dengan ngendarain motor yang kira-kira kecepatannya itu ampe nggak bisa dibayangin lagi deh pokoknya,ampe tukang becak pun nggak bisa kebalap sama gue.Namun diperjalanan gue ngeliat dan memerhatiin banyak banget anak anak sekolahan dengan pakain asal dan kebanggannya lagi megang handphone cuy, keluaran terbaru lagi,padahal setau gue yang anak sekolah itu nggak boleh ngebawa handphone kesekolah,bahkan ada juga yang ngndarain motor sambil sms’an gitu,bukannya malah bahayanya?.Tapi ada juga yang bawa laptopnya kesokolahan mungin karna zaman udah maju dan berkembang,mungkin karna terpengaruh trend dari internet atau mungkin disuruh orang tuanya atau munkin lagi karna Cuma sekedar buat pamer aja.
Tapi apakah peraturan harus disepelekan demi kepentingan semata?coba bayangkan sejenak.Namun,pada dasarnya gue nggak peduli sama mereka karna gue udah telat untuk masuk sekolah.
Setelah sampainya gue di tujuan akhir,gue langsung naroh motor di tempatnya,gue langsung menuju ke kelas dimana disitulah tempat gue duduk,ngobrol,tidur,bercanda,serta belajar dll.Dalam perjalanan yang berliku-liku gue menyempatkan diri buat menyapa salah satu dari temen gue,dengan senyuman manis gue,tapi bukan sapaan balik yang gue dapat,malahan hanya acuhan karna dia sedang sibuk dan sibuknya dengan handphone nya miliknya sendiri,disini gue binngung dan sempet bertanya tanya siapakah yang lebih penting diriku/ handphone nya.Balik lagi sih ke awal,gue nggak peduli karna gue udah terlambat masuk kelas.
Ketika baru nyampe didepan kelas yang ternyata belum pada masuk gue ngeliat dan nggak sengaja ngedengerin temen gue ada 3 orang(walaupun nggak semuanya sekelas tapi pada beda kelas).Mereka saling bercengkrama satu dengan yang lain-lainnya,saling ngomongin masalah handphone yang lagi ngehitz baget deh pokoknya dan mereka saling tuker tukeran PIN HP tersebut
“Fi,PIN HP kamu berapa”tanya adit kepada salah seorang temanku.
“Emangnya,kamu punya DIT?”temanku menjawab.
“Punya donk Fi,kan ini keluaran terbaru ,jadinya wajib punya,biar nggak ketinggalan zaman hehehe,”temanku menjawab dengan senangnya.
“Yaudah sekarang man FI PIN nya berapa?,biar aku add”Adit pun bertanya kembali kepada ALfi.
“Ini dit PIN aku m150zz ,kalo kamu berapa?”Alfi pun menjawab dan langsung bertanya balik ke Adit
“B29oke,yaudah makasihnya Fi hehehe”Adit menjawab sambil riang gembira.
Tapi ada salah satu temen gue yang nggak ikut ngerumpi disana.Gue tau kenapa temen gue yang satunya itu nggak mau ikut ngerumpi dan minta PIN mereka pada, karena, dia nggak punya handphone yang sama kayak mereka.langsung aja gue samperin orang ketiga itu langsung gue tanya kenapa dia nggak mau beli handphone yang sama.



Dia pun menjawab :”buat apa beli handphone bagus-bagus ,kan handphone itu yang penting bisa buat sms dan juga bisa buat nelphone,lagian itukan Cuma buang-buang duit aja,apa lagi kan harus pake paket dan kawan-kawannya,dari pada buat itu mendinggan buat ditabungin aja.lagian gue nggak butuh handphone bagus dalam kehidupan gue”begitu katanya.
Setelah gue nanya ama temen gue yang itu,gue langsung nanya sama temen gue yang punya handphone keluaran terbaru itu,tentang masalah yang gue belum ngerti.
“keunggulan HP kamu apa,dan apa yang bikin lue tertarik? “ tanya gue(dengan muka polos)
“hem,kalo menurut gue sihh,kalo handphone ini itu terbaru dikelasnya,lagian pula dengan alat ini itu asik baget ,kita bisa tau temen-temen lama lewat aplikasiyang ada didalam alat ini,lagian juga kalao nggak ada pulsa bisa chating-chatingan,dan lagi kalo mau online lebih praktis dari pada harus ke warnet dulu,dan pokonya gampang tau informasi dari luar deh,dan bisa sekalin nyari pacar lagi hehehe.Lagi pula ruanglingkup pergaulan gue itu kebanyakan pada punya itu handphone makanya gue juga sempet minder kalo temen gue pada pamer .“begitu penjelasan dia
“tapi effek negativenya buat lue dan pernah nggak lue nyelewengin HP lue buat tindakan negative ?” Tanya gue lagi ke dirinya .
“hem,ada sih banyak yang bilang kalo orang yang punya HP ini nggak bakalan ngurusin kondisi yang ada disekitarnya lantaran lebih sibuk dengan dunia barunya dan lebih sibuk dengan chatinganya,lagin juga lebih banyak uang yang lebih dikeluarkan buat beli paket dan pulsa.Pas itu pernah sekali hp ini gue pake buat nulis jawaban ulangan harian dan gue photo itu catatan karna hasil photo dari kamera HP ini bagus karana gue semaleman nggak belajar karana sibuk dengan handphone baru gue hehe” begitu lah dia berkata.
“ohh,begitunya “kata gue
Mendengar hal itu gue langsung diam dan terhentak merasa iri/serta merasa galau serta iri lagi aja kepada mereka. sejenak gue merenung agak lama tapi nggak sebentar,pas itu pernah minjem handphone temen gue ,ternyata handphonenya itu keluaran terbaru,dan lebih parahnya gue nggak tau cara ngebuka kunci tombolnya,dari pada malu-maluin langsung aja handphone itu langsung gue balikin ke temen gue yang bukan punya handphone itu .Pada saat itu gue bener-bener ngerasa orang yang paling norak,deso,kampungan karana nggak pernah megang handphone canggih,serta terlintas dipikiran gue yang kosong buat beli handphone baru yang lebih cangih dari mereka berdua biar dibilang gaul dan bisa ngikutin tren masa kiniTtapi gue jua ngerasa galau lataran ngedenger omomngan temen gue yang lain gara-gara dia bilang ”buat apa beli handphone bagus-bagus,kan handphone yang penting bisa buat sms dan juga bisa buat nelphone,lagian itukan bang-buang duit”
Setelah merenungkan hal itu gue tersadar dari alam yang lain dan balik lagi ke alam yang asli lagi. Ketika udah masuk kelas ternyata masih belum bunyi belnya,jadi anak –anak masih pada bercanda-canda dengan tingkah konyolnya masing-masing.
Didalem kelas gue itu nggak langsung duduk,tapi langsung menuju ketempat temen gue yang badanya nggak tinggi tapi juga nggak sedeng,langsung gue ambil uang di kantong dan langsung nyicil uang buat bayar utang pulsa minggu lalu ,karna pas kemaren itu lagi nggak punya uang karna buat beli modem makannya ngutang,asal tau aja orang ini sih jadi penggantung hidup bagi orang-orang yang pada punya handphone,karna dia bisa ngasih utangan untuk pulsa.tapi nggak jarang juga banyak temen gue yang bela-belain buat nggak jajan cuma buat supaya handphonenya bisa bordering lagi dan punya pulsa dan bisa sms’an sama pacarnya lagi.Dan gue pernah nanya ama ini orang yang jualan pulsa
“DJ(nama panggilannya di sekolah),kenapa sih hp lue dibuat alat untuk bisnis?”tanya gue kepada temen gue.
“Hem,kan pengen maksimalin fungsi ini hp,dari pada Cuma buat nelphone/sms’an nggak jelas mendingan buat bisnis,lagiankan zaman udah maju/apa lagi alat-alat udah pada cangih,jangan sampe HANDPHONE ini Cuma jadi bahan pajangan doank atau cuma jadi symbol kekayaan semata”jawabnya dengan bangga
“Jadi handphone ini intinya bermanfaat baget donk ?”gue balik nanya ke dia.
“Ya begitulah,kan gue sambil nyari sambilan ari itu handphone” dia menjawab
Kriiiinggg,kringggg,kringggg(suara bel di sekolah gue berbunyi dengan kerasnya),seketika itu juga temen-temen gue langsung pada duduk ditempatnya dan suara spiker didepan kelas berbunyi, buat ngajak tadarus AL QUR’AN.Setelah membaca AL QUR’AN, ternyata guru bidang setudinya itu nggak masuk,jadi anak-anak pada bersorak dan ngelanjutin ngobrolnya lagi deh,tapi tatapan tajam gue tertuju kepada seorang temen gue, yang lagi asik dengan gadgetnya,dia sibuk memainkannya entah apa yang ada dibenaknya itu,sampai-sampai temen disampingnya yang ngajak ngobrolnya malah dicuekkin,dan ampe pergi meninggalkannya sendiri entah kemana dan kemana,yang pasti gue nggak peduli,setau gue sih dia lebih seneng buat ngobrol ama notebooknya/dengan handphonenya.Namun,bukan berita/pengetahuan yang dia cari atau lakukin tapi di malah lebih sering buat ngebuka komik-komik(bukan obat batuk) jepang gitu ampe sering ngedownload video kartun gitu,dia sering ampe nggak jajan pas waktu istirahat cuma buat nonton video dari laptopnya itu.sampe dia bawa seperangkat modem buat ngedownload atau apalah disekolah.Bahkan,dia pernah beli pulsa buat handphone nya itu tapi malah dipake buat ngebuka komik-komik jepang itu.Karna prilakunya itu banyak temen-temen gue yang ngerasa bahwa dia itu aneh,dan rada-rada autis gitu,gara-gara dia nggak pernah bergaul ama orang lain bahkan gue pernah sekelompok ama dia tapi,bukannya ngerjain tugan malahan dia asik ngeliat videonya.
Berfikir dari sana gue coba ngedekitin dia dan ngajuin pertanyaan panjang pendek ke dirinnya,ternyata dia lagi maenin game baru di gadjet terbarunya.nah,ketika asik ngobrol gitu di masih ngeluarin sifat nggak pedulinya ke diri gue ampe-ampe gue kesel,namun setelah beberapa lama –lama kemudian tanpa gue minta ajarinn dia malah ngasih tau gue tetang aplikasi game yang dia pake buat maenin gamenya di notebooknya itu. Dia nyeritain panjang dikali lebar sama dengan luas,dan yang anehnya itu gue nggak ngerti bahasa yang dia pake lantaran,ngomongnya itu rada-rada nggak jelas.Dari situ gue tau sebenrnya dia itu nggak aneh,tapi memang dia terlalu terobsesi atau kecanduan dengan dunianya sendri tanpa mempedulikan persepsi orang-orang tentang dirinya.Namun dia menggaku pernah ngelakuin kebohongan kepada orangtuanya Cuma buat maen game yang sedang trend didunia maya pada waktu itu. Namun pada saat itu dia pernah bercerita kalo dia itu suka sama seseorang namun seseorang itu nggak suka karna ngeliat kelakukannya yang seperti itu.Tapi persepsi orang berbanding terbalik kalo menurut gue karna ketika gue,nanya-nanya tentang masalah itu di bisa juga diajak asik buat di ajak ngomong walaupun begitu sikapanya
Namun, beda lagi dengan teman gue yang satuya lagi,dia pernah cerita dia dulunya orangnya bandel dan males buat sekolah karena sering maen kewarnet buat maen game online donk,katanya dia bisa maen ampe 6-12 jam perhari ampe dibela-belain bolos sekolah cuma buat maen itu dia punya char game,ampe dia juga cerita, dia sampe ngehabisin duit hampir ampe 1juta Cuma buat beli voucer game online.Ternyata,gamenya itu udah nggak dia maenin lagi.Padahal dari pada duit itu dibeliin buat beli voucer,lebih baikkan buat nambahin gue untuk beli handphone baru.Namun katanya dia udah nggak kayak gitu lagi lantaran pas itu dia dapet pencerahan jadinya dia nggak ngelakuin hal itu lagi namun terkadang penyakitnya itu masih suka kambuh,dia masih sering suka bolos buat ngelanjutin dia punya char game baru .Tapi begitulah namanya orang udah kecanduan mungkin akan ngelakuin yang menurut mereka masuk akal namun menurut kita nggak,nggak baget.
Hal itu membuat gue mulai berfikir lagi.Mungkin bukan hanya temen gue aja tapi masih banyak orang yang belum memahami tentang apa yang harus dilakukan dengan dampak GLOBALISASI,tentang perkembangan gadjet.Seharusnya kita harus mamapu mengikuti perkembangan zaman yang dibawa oleh adanya arus GLOBALISASI ini.Namun,kita juga di tuntut untuk mampu berfikir global tentang moderennisasi,inovasi dan keeffectivan gadjet yang kita miliki,bukan hanya sekedar untuk mengikuti trend saja.
Namun,kebanyakan masayarakat,terutama para pelajar banyak yang salah menafsirkan hal tersebut,tanpa tau apa yang mereka lakukan sebenarnya.Seperti contoh menggunakan gadjet untuk mencontek,menggunakan gadjet untuk kejahatan,tidak ada hormat-menghormati karana sibuk dengan gadjetnya sendiri,lebih suka maen game online dari pada maen permaenan tradisional milik bangsa INDONESIA.


Toh inilah kenyataannya dari perkembangan GLOBALISASI dimana gadjet itu lama kelamaan semakin canggih dan tak mungkin berhenti begitu saja untuk mengubah kita dan dunia.
Maka dari itu Siapakah yang patut untuk disalahkan ? …
“gadgetkah,orantua,ilmuwan,ataukah diri kita sendiri”
Sebernarnya gadget itu tidak bersalah, namun yang patut disalahkan adalah diri kita sendiri,karena setia keputusan yang kita ambil akan mempengaruhi nasib kita di masa depan kelak ,ada dua pilihan yang harus kita pilih tentang gadjet itu sendiri :
1.Kita yang menggunakan gadjet itu atau
2.Gadget yang menggunakan kita
Semua itu kembali lagi terhadap diri kita sendiri,bagaimana kita mampu untuk dapat membuat hal itu dapat bermanfaat bagi kita,dapat membantu kita,untuk menuju kesuksesan,bukan hanya untuk kesenangan semata saja,dan hanya untuk menjerumuskan kita kedalam jalan yang salah
Tapi sebagai orang yang bijaksana,kita harus bisa membuat gadjet itu untuk bisa membantu kita,untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi,bukan sebaliknya.
Sebagai bangsa INDONESIA kita tidak boleh mininggalkan jati diri bangsa kita ,dan menggantinya dengan jati diri bangsa lain yang kita adobsi.kita harus mampu berfikir global mana yang TERBAIK dan mana yang BUKAN.
Hari ini menurut gue adalah hari yang hebat,karna yang biasanya pikiran gue nggak pernah dipake buat mikir tapi,kali ini diharuskan untuk berfikir secara extra namun,itu lah hidup penuh dengan kejutan yang datang tiba-tiba.
Jam didinding terus berputar-putar dan berputar tanpa ada yang dapat menghentikannya kecuali satu kalo batrainya habis.namun seperti itulah kebiasaan tidak ada yang dapat meghentikannya kecuali diri kita sendiri.Setelah gue menatap jam,gue baru menyadari kalo kalo kelas ternyata sudah kosong dari sejam yang lalu karena,terlalu asik memikirkan hal tersebut dan lebih parahnya nggak ada satu manusia pun disana dan disini sejauh mata gue menatap kelas ini.
Akhirnya gue langsung kemas–kemas barang barang dan langsung menuju kerumah gue,karna hari sudah malam gara-gara mataharinya diculik.

Sekian,…


Read more: http://www.idsena.web.id/2011/02/tutorial-cara-membuat-widget-icon.html#ixzz1ibYwvLyd