Pengaruh gadget dalam kehidupan remaja
Seperti kehendak Tuhan yang maha kuasalah matahari
kali ini bisa terbit dengan cerahnya pagi ini,seperti kehendak Tuhan lah,lagi
dan lagi mungkin gue lagi dan lagi harus bangun kesiangan lagi.Padahal sebelum
tidur gue udah cuci muka,udah cuci kaki,sikat gigi,dan udah pasang alaram dari
handphone jadul gue yang udah pada retak-retak bodynya.Ketika pagi hari gue
baru sadar ternyata handphone gue batrainya udah abis,dan lebih parahnya gue
nggak nyadarin itu,karna gue udah telanjur ketiduran,gue lupa buat ngisi itu
batrainya.Mentari kala itu sangatlah indah dilangit ada pelangi,ada gambar
gunung,dan suara burung-burungan yang berkicau.gue liat jam didinding dan
ketika waktu telah menunjukan waktu yang gue anggap aneh,segeralah gue bangun
dari tempat tidur gue,langsung ambil itu handuk,baju seragam sekolah,celana
seragam sekolah, handphone jadul gue dan nggak lupa dengan baju-baju yang lain
serta buku-buku pelajaran yang asstagfirullah alazim beratnya, karna gue udah
kelas 3sma jadi harus banyak bawa buku padahal gue nggak tau itu akan dibaca
apa nggak.Abis itu gue langsung masuk kamar mandi,dan mandi dengan
terburu-burunya(kata orang tua gue sih mandi ala bebek).keluar dari tempat
disana bukan langsung make baju, malahan nyariin remote buat nyalain televisi
nyari-nyari berita buat ngeuptodate berita yang terjadi hari ini biar nggak
dianggap ketingalan berita,dan sekaligus buat nyari referensi pencerahan.Abis
itu langsung aja siap-siap buat berangkat kesekolahan dan nggak lupa gue bawa
bekel sarapan serta air minumnya.dan nggak lupa juga memakai sepatu berkaos kaki
putih
Dengan ngendarain motor yang kira-kira kecepatannya
itu ampe nggak bisa dibayangin lagi deh pokoknya,ampe tukang becak pun nggak
bisa kebalap sama gue.Namun diperjalanan gue ngeliat dan memerhatiin banyak
banget anak anak sekolahan dengan pakain asal dan kebanggannya lagi megang
handphone cuy, keluaran terbaru lagi,padahal setau gue yang anak sekolah itu
nggak boleh ngebawa handphone kesekolah,bahkan ada juga yang ngndarain motor
sambil sms’an gitu,bukannya malah bahayanya?.Tapi ada juga yang bawa laptopnya
kesokolahan mungin karna zaman udah maju dan berkembang,mungkin karna
terpengaruh trend dari internet atau mungkin disuruh orang tuanya atau munkin
lagi karna Cuma sekedar buat pamer aja.
Tapi apakah peraturan harus disepelekan demi
kepentingan semata?coba bayangkan sejenak.Namun,pada dasarnya gue nggak peduli
sama mereka karna gue udah telat untuk masuk sekolah.
Setelah sampainya gue di tujuan akhir,gue langsung
naroh motor di tempatnya,gue langsung menuju ke kelas dimana disitulah tempat
gue duduk,ngobrol,tidur,bercanda,serta belajar dll.Dalam perjalanan yang
berliku-liku gue menyempatkan diri buat menyapa salah satu dari temen
gue,dengan senyuman manis gue,tapi bukan sapaan balik yang gue dapat,malahan hanya
acuhan karna dia sedang sibuk dan sibuknya dengan handphone nya miliknya
sendiri,disini gue binngung dan sempet bertanya tanya siapakah yang lebih
penting diriku/ handphone nya.Balik lagi sih ke awal,gue nggak peduli karna gue
udah terlambat masuk kelas.
Ketika baru nyampe didepan kelas yang ternyata belum
pada masuk gue ngeliat dan nggak sengaja ngedengerin temen gue ada 3
orang(walaupun nggak semuanya sekelas tapi pada beda kelas).Mereka saling
bercengkrama satu dengan yang lain-lainnya,saling ngomongin masalah handphone
yang lagi ngehitz baget deh pokoknya dan mereka saling tuker tukeran PIN HP
tersebut
“Fi,PIN HP kamu berapa”tanya adit kepada salah
seorang temanku.
“Emangnya,kamu punya DIT?”temanku menjawab.
“Punya donk Fi,kan ini keluaran terbaru ,jadinya
wajib punya,biar nggak ketinggalan zaman hehehe,”temanku menjawab dengan
senangnya.
“Yaudah sekarang man FI PIN nya berapa?,biar aku
add”Adit pun bertanya kembali kepada ALfi.
“Ini dit PIN aku m150zz ,kalo kamu berapa?”Alfi pun
menjawab dan langsung bertanya balik ke Adit
“B29oke,yaudah makasihnya Fi hehehe”Adit menjawab
sambil riang gembira.
Tapi ada salah satu temen gue yang nggak ikut
ngerumpi disana.Gue tau kenapa temen gue yang satunya itu nggak mau ikut
ngerumpi dan minta PIN mereka pada, karena, dia nggak punya handphone yang sama
kayak mereka.langsung aja gue samperin orang ketiga itu langsung gue tanya
kenapa dia nggak mau beli handphone yang sama.
Dia pun menjawab :”buat apa beli handphone
bagus-bagus ,kan handphone itu yang penting bisa buat sms dan juga bisa buat
nelphone,lagian itukan Cuma buang-buang duit aja,apa lagi kan harus pake paket
dan kawan-kawannya,dari pada buat itu mendinggan buat ditabungin aja.lagian gue
nggak butuh handphone bagus dalam kehidupan gue”begitu katanya.
Setelah gue nanya ama temen gue yang itu,gue
langsung nanya sama temen gue yang punya handphone keluaran terbaru itu,tentang
masalah yang gue belum ngerti.
“keunggulan HP kamu apa,dan apa yang bikin lue
tertarik? “ tanya gue(dengan muka polos)
“hem,kalo menurut gue sihh,kalo handphone ini itu
terbaru dikelasnya,lagian pula dengan alat ini itu asik baget ,kita bisa tau
temen-temen lama lewat aplikasiyang ada didalam alat ini,lagian juga kalao
nggak ada pulsa bisa chating-chatingan,dan lagi kalo mau online lebih praktis
dari pada harus ke warnet dulu,dan pokonya gampang tau informasi dari luar
deh,dan bisa sekalin nyari pacar lagi hehehe.Lagi pula ruanglingkup pergaulan
gue itu kebanyakan pada punya itu handphone makanya gue juga sempet minder kalo
temen gue pada pamer .“begitu penjelasan dia
“tapi effek negativenya buat lue dan pernah nggak
lue nyelewengin HP lue buat tindakan negative ?” Tanya gue lagi ke dirinya .
“hem,ada sih banyak yang bilang kalo orang yang
punya HP ini nggak bakalan ngurusin kondisi yang ada disekitarnya lantaran
lebih sibuk dengan dunia barunya dan lebih sibuk dengan chatinganya,lagin juga
lebih banyak uang yang lebih dikeluarkan buat beli paket dan pulsa.Pas itu pernah
sekali hp ini gue pake buat nulis jawaban ulangan harian dan gue photo itu
catatan karna hasil photo dari kamera HP ini bagus karana gue semaleman nggak
belajar karana sibuk dengan handphone baru gue hehe” begitu lah dia berkata.
“ohh,begitunya “kata gue
Mendengar hal itu gue langsung diam dan terhentak
merasa iri/serta merasa galau serta iri lagi aja kepada mereka. sejenak gue
merenung agak lama tapi nggak sebentar,pas itu pernah minjem handphone temen
gue ,ternyata handphonenya itu keluaran terbaru,dan lebih parahnya gue nggak
tau cara ngebuka kunci tombolnya,dari pada malu-maluin langsung aja handphone
itu langsung gue balikin ke temen gue yang bukan punya handphone itu .Pada saat
itu gue bener-bener ngerasa orang yang paling norak,deso,kampungan karana nggak
pernah megang handphone canggih,serta terlintas dipikiran gue yang kosong buat
beli handphone baru yang lebih cangih dari mereka berdua biar dibilang gaul dan
bisa ngikutin tren masa kiniTtapi gue jua ngerasa galau lataran ngedenger
omomngan temen gue yang lain gara-gara dia bilang ”buat apa beli handphone
bagus-bagus,kan handphone yang penting bisa buat sms dan juga bisa buat
nelphone,lagian itukan bang-buang duit”
Setelah merenungkan hal itu gue tersadar dari alam
yang lain dan balik lagi ke alam yang asli lagi. Ketika udah masuk kelas
ternyata masih belum bunyi belnya,jadi anak –anak masih pada bercanda-canda
dengan tingkah konyolnya masing-masing.
Didalem kelas gue itu nggak langsung duduk,tapi
langsung menuju ketempat temen gue yang badanya nggak tinggi tapi juga nggak
sedeng,langsung gue ambil uang di kantong dan langsung nyicil uang buat bayar
utang pulsa minggu lalu ,karna pas kemaren itu lagi nggak punya uang karna buat
beli modem makannya ngutang,asal tau aja orang ini sih jadi penggantung hidup
bagi orang-orang yang pada punya handphone,karna dia bisa ngasih utangan untuk
pulsa.tapi nggak jarang juga banyak temen gue yang bela-belain buat nggak jajan
cuma buat supaya handphonenya bisa bordering lagi dan punya pulsa dan bisa
sms’an sama pacarnya lagi.Dan gue pernah nanya ama ini orang yang jualan pulsa
“DJ(nama panggilannya di sekolah),kenapa sih hp lue
dibuat alat untuk bisnis?”tanya gue kepada temen gue.
“Hem,kan pengen maksimalin fungsi ini hp,dari pada
Cuma buat nelphone/sms’an nggak jelas mendingan buat bisnis,lagiankan zaman
udah maju/apa lagi alat-alat udah pada cangih,jangan sampe HANDPHONE ini Cuma
jadi bahan pajangan doank atau cuma jadi symbol kekayaan semata”jawabnya dengan
bangga
“Jadi handphone ini intinya bermanfaat baget donk
?”gue balik nanya ke dia.
“Ya begitulah,kan gue sambil nyari sambilan ari itu
handphone” dia menjawab
Kriiiinggg,kringggg,kringggg(suara bel di sekolah
gue berbunyi dengan kerasnya),seketika itu juga temen-temen gue langsung pada
duduk ditempatnya dan suara spiker didepan kelas berbunyi, buat ngajak tadarus
AL QUR’AN.Setelah membaca AL QUR’AN, ternyata guru bidang setudinya itu nggak
masuk,jadi anak-anak pada bersorak dan ngelanjutin ngobrolnya lagi deh,tapi
tatapan tajam gue tertuju kepada seorang temen gue, yang lagi asik dengan
gadgetnya,dia sibuk memainkannya entah apa yang ada dibenaknya
itu,sampai-sampai temen disampingnya yang ngajak ngobrolnya malah dicuekkin,dan
ampe pergi meninggalkannya sendiri entah kemana dan kemana,yang pasti gue nggak
peduli,setau gue sih dia lebih seneng buat ngobrol ama notebooknya/dengan
handphonenya.Namun,bukan berita/pengetahuan yang dia cari atau lakukin tapi di
malah lebih sering buat ngebuka komik-komik(bukan obat batuk) jepang gitu ampe
sering ngedownload video kartun gitu,dia sering ampe nggak jajan pas waktu
istirahat cuma buat nonton video dari laptopnya itu.sampe dia bawa seperangkat
modem buat ngedownload atau apalah disekolah.Bahkan,dia pernah beli pulsa buat
handphone nya itu tapi malah dipake buat ngebuka komik-komik jepang itu.Karna
prilakunya itu banyak temen-temen gue yang ngerasa bahwa dia itu aneh,dan
rada-rada autis gitu,gara-gara dia nggak pernah bergaul ama orang lain bahkan
gue pernah sekelompok ama dia tapi,bukannya ngerjain tugan malahan dia asik ngeliat
videonya.
Berfikir dari sana gue coba ngedekitin dia dan
ngajuin pertanyaan panjang pendek ke dirinnya,ternyata dia lagi maenin game
baru di gadjet terbarunya.nah,ketika asik ngobrol gitu di masih ngeluarin sifat
nggak pedulinya ke diri gue ampe-ampe gue kesel,namun setelah beberapa lama
–lama kemudian tanpa gue minta ajarinn dia malah ngasih tau gue tetang aplikasi
game yang dia pake buat maenin gamenya di notebooknya itu. Dia nyeritain
panjang dikali lebar sama dengan luas,dan yang anehnya itu gue nggak ngerti
bahasa yang dia pake lantaran,ngomongnya itu rada-rada nggak jelas.Dari situ
gue tau sebenrnya dia itu nggak aneh,tapi memang dia terlalu terobsesi atau
kecanduan dengan dunianya sendri tanpa mempedulikan persepsi orang-orang
tentang dirinya.Namun dia menggaku pernah ngelakuin kebohongan kepada
orangtuanya Cuma buat maen game yang sedang trend didunia maya pada waktu itu.
Namun pada saat itu dia pernah bercerita kalo dia itu suka sama seseorang namun
seseorang itu nggak suka karna ngeliat kelakukannya yang seperti itu.Tapi
persepsi orang berbanding terbalik kalo menurut gue karna ketika
gue,nanya-nanya tentang masalah itu di bisa juga diajak asik buat di ajak
ngomong walaupun begitu sikapanya
Namun, beda lagi dengan teman gue yang satuya
lagi,dia pernah cerita dia dulunya orangnya bandel dan males buat sekolah
karena sering maen kewarnet buat maen game online donk,katanya dia bisa maen
ampe 6-12 jam perhari ampe dibela-belain bolos sekolah cuma buat maen itu dia
punya char game,ampe dia juga cerita, dia sampe ngehabisin duit hampir ampe
1juta Cuma buat beli voucer game online.Ternyata,gamenya itu udah nggak dia
maenin lagi.Padahal dari pada duit itu dibeliin buat beli voucer,lebih baikkan
buat nambahin gue untuk beli handphone baru.Namun katanya dia udah nggak kayak
gitu lagi lantaran pas itu dia dapet pencerahan jadinya dia nggak ngelakuin hal
itu lagi namun terkadang penyakitnya itu masih suka kambuh,dia masih sering
suka bolos buat ngelanjutin dia punya char game baru .Tapi begitulah namanya orang
udah kecanduan mungkin akan ngelakuin yang menurut mereka masuk akal namun
menurut kita nggak,nggak baget.
Hal itu membuat gue mulai berfikir lagi.Mungkin
bukan hanya temen gue aja tapi masih banyak orang yang belum memahami tentang
apa yang harus dilakukan dengan dampak GLOBALISASI,tentang perkembangan
gadjet.Seharusnya kita harus mamapu mengikuti perkembangan zaman yang dibawa
oleh adanya arus GLOBALISASI ini.Namun,kita juga di tuntut untuk mampu berfikir
global tentang moderennisasi,inovasi dan keeffectivan gadjet yang kita
miliki,bukan hanya sekedar untuk mengikuti trend saja.
Namun,kebanyakan masayarakat,terutama para pelajar
banyak yang salah menafsirkan hal tersebut,tanpa tau apa yang mereka lakukan sebenarnya.Seperti
contoh menggunakan gadjet untuk mencontek,menggunakan gadjet untuk
kejahatan,tidak ada hormat-menghormati karana sibuk dengan gadjetnya
sendiri,lebih suka maen game online dari pada maen permaenan tradisional milik
bangsa INDONESIA.
Toh inilah kenyataannya dari perkembangan
GLOBALISASI dimana gadjet itu lama kelamaan semakin canggih dan tak mungkin
berhenti begitu saja untuk mengubah kita dan dunia.
Maka dari itu Siapakah yang patut untuk disalahkan ?
…
“gadgetkah,orantua,ilmuwan,ataukah diri kita
sendiri”
Sebernarnya gadget itu tidak bersalah, namun yang
patut disalahkan adalah diri kita sendiri,karena setia keputusan yang kita
ambil akan mempengaruhi nasib kita di masa depan kelak ,ada dua pilihan yang
harus kita pilih tentang gadjet itu sendiri :
1.Kita yang menggunakan gadjet itu atau
2.Gadget yang menggunakan kita
Semua itu kembali lagi terhadap diri kita
sendiri,bagaimana kita mampu untuk dapat membuat hal itu dapat bermanfaat bagi
kita,dapat membantu kita,untuk menuju kesuksesan,bukan hanya untuk kesenangan
semata saja,dan hanya untuk menjerumuskan kita kedalam jalan yang salah
Tapi sebagai orang yang bijaksana,kita harus bisa
membuat gadjet itu untuk bisa membantu kita,untuk menjadi manusia yang lebih
baik lagi,bukan sebaliknya.
Sebagai bangsa INDONESIA kita tidak boleh
mininggalkan jati diri bangsa kita ,dan menggantinya dengan jati diri bangsa
lain yang kita adobsi.kita harus mampu berfikir global mana yang TERBAIK dan
mana yang BUKAN.
Hari ini menurut gue adalah hari yang hebat,karna
yang biasanya pikiran gue nggak pernah dipake buat mikir tapi,kali ini
diharuskan untuk berfikir secara extra namun,itu lah hidup penuh dengan kejutan
yang datang tiba-tiba.
Jam didinding terus berputar-putar dan berputar
tanpa ada yang dapat menghentikannya kecuali satu kalo batrainya habis.namun
seperti itulah kebiasaan tidak ada yang dapat meghentikannya kecuali diri kita
sendiri.Setelah gue menatap jam,gue baru menyadari kalo kalo kelas ternyata
sudah kosong dari sejam yang lalu karena,terlalu asik memikirkan hal tersebut
dan lebih parahnya nggak ada satu manusia pun disana dan disini sejauh mata gue
menatap kelas ini.
Akhirnya gue langsung kemas–kemas barang barang dan
langsung menuju kerumah gue,karna hari sudah malam gara-gara mataharinya diculik.
Sekian,…
No comments:
Post a Comment